Aneka
Pulau Morotai, Si Cantik dari Maluku Utara

Senin, 10 September 2012 07:10 WIB | 12.152 Views
Pulau Morotai, Si Cantik dari Maluku Utara

Morotai adalah salah satu pulau terluar di Indonesia. Luasnya hanya 1.800 kilometer persegi, namun seperti banyak orang bilang, Morotai adalah "kecil-kecil cabe rawit" dengan keindahannya yang menggigit.

Pulau Morotai terletak di Kepulauan Halmahera, yang masuk dalam Provinsi Maluku Utara, Indonesia Timur. Pulau ini berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik dan Filipina.

Pada masa Perang Dunia II, pulau Morotai digunakan sebagai basis pertahanan Jepang. Maka tak heran jika pulau ini menyimpan banyak guratan sejarah.

Ada banyak peninggalan perang di pulau Morotai yang bisa menjadi objek wisata jika Anda berkunjung ke Pulau ini, seperti gua persembunyian, landasan pesawat, dan juga kendaraan lapis baja yang masih utuh.

Salah satu peninggalan bangsa Jepang yang paling terkenal adalah bangkai pesawat Bristol Beuford yang tenggelam di kedalaman 40 meter, di lautan sebelah selatan Morotai. Keberadaan bangkai pesawat ini menjadi pengantar bagi wisata bahari di Morotai.

Setidaknya ada 25 titik penyelaman di pulau Morotai yang menyuguhkan keindahan tiada tara diantaranya ada Tanjung Wayabula, Dodola Point, Batu Layar Point, Tanjung Sabatai Point, hingga Saminyamau. Semuanya luar biasa indah, dengan perairan jernih berwarna biru tua, biota laut yang indah, serta terumbu karang dari bekas-bekas reruntuhan kapal perang yang terawat dengan baik.

Keindahan alam Pulau Morotai tak hanya tercermin lewat bawah lautnya saja, tapi juga di daratannya. Hamparan pasir putih yang luas siap memanjakan mata siapa pun yang menginjakkan kaki di atasnya. Panorama matahari terbit dan tenggelam menjadi salah satu momen paling dinanti oleh wisatawan.

Cara paling efisien untuk menuju ke Morotai adalah dengan penerbangan perintis dari Ternate ke Galela, lalu lanjut ke Morotai.



Aneka Lainnya





Berikan Komentar Via Facebook
Photo Harian
Minggu, 10 Agustus 2014 01:19 WIB
Sejauh Mata Memandang, Keindahan Yang Tampak

Morotai Dikenal banyak memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah air terjun Raja. Terletak di desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat.