Aneka
Yuk, Berkunjung ke Air Terjun Raja Pulau Morotai

Oleh Anton Barata | Minggu, 02 November 2014 14:47 WIB | 35.097 Views
Yuk, Berkunjung ke Air Terjun Raja Pulau Morotai

Tim Morotai Post kembali melakukan perjalan wisata, Sabtu (2/11), akhir pekan kemarin. Kali ini, tim melakukan perjalan ke wilayah Kecamatan Morotai Selatan Barat (Morselbar). Tepatnya di desa Raja. Kerap warga Morotai menyebutkan di desa raja ada sebuah air terjun yang dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata. Morotai Post pun mencoba menelusuri jejak wisata itu.
Dari Daruba, kurang lebih 1 jam perjalan menggunakan sepeda motor  tim Morotai Post sampai di desa Raja. “Nanti ada belokan ke kanan ada jalan tidak beraspal langsung ikuti disitu saja,” tutur seorang ibu saat Morotai Post menanyakan arah jalan menuju air terjun Raja.
Tim pun mengarahkan perjalan menelusuri semak belukar. Kurang lebih 80 meter, tim mulai menemukan jejak sungai. Terpikir dalam benak, aliran sungai ini merupakan bagian tak terpisakan dari lokasi air terjun. Perjalan dilanjutkan menggunakan sepeda motor, menyusuri sisi sungai.
Nampak sekali kehidupan disana. Disisi sungai itu terdapat jalan kerikil layaknya jalan sirtu. Maklum saja, dilokasi ini ada bekas jalan milik perusahan kayu yang dulunya beroperasi disekitar wilayah air terjun. Sepanjang perjalan menelusuri tepi sungai, tim menemukan banyak warga yang tengah asik mencuci pakaian.
Suasana desa sangat nampak disini. Gadis-gadis desa (umumnya mereke berasal dari desa Raja) secara berkelompok memanfaatkan air sungai untuk mencuci pakaian. Ada pula anak-anak yang bercengkerama dengan arus. “Lagi cari ikan om,” sahut seorang bocah saat dihampiri tim. Iya, banyak ikan yang bersarang di air sungai itu.
Kurang lebih 60 meter tim bersepeda motor mengarungi tepi sungai. Belum juga ditemukan titik air terjun. Tim kemudian menemukan jejak pejalan kaki. Ternyata, perjalan menuju air terjun tidak bisa lagi menggunakan sepeda motor. Harus berjalan kaki. Di lokasi itu pun terdapat tempat parkir. Biasanya, para pengunjung meninggalkan kenderaannya disitu untuk melanjutkan perjalan menuju air terjun.
Tim pun mulai berjalan kaki. Nyanyian desiran air sungai mengiringi perjalan tim menuju titik air terjun. Suasana dingin pun menyelimuti setiap hentakan kaki. Perjalan tim pun semakin bersemangat. Suara jatuhnya air terjun semakin menggema. Membuat tim tidak sabar lagi menikmati keindahannya.
Tibalah di lokasi air terjun. “Iya ini air terjunnya,” sahut seorang bocah yang saat itu tengah asik dengan sejumlah rekannya mencari ikan. Panorama indah di lokasi air terjun ini sangat menyejukan hati. Ada beberapa tempat duduk yang sengaja dibuat warga sekitar. Cocok buat rekreasi keluarga yang hendak membawa makanan. Dibeberapa titik ditemukan sisa pembakaran, layaknya sebuah tungku. “Itu biasanya dorang (pengunjung) bakar ikan,” ujar bocah tadi.
Di lokasi itu, ada sebuah air terjun yang panjangnya hanya kurang lebih 2 meter lebih. Tim lalu mencoba menelusuri lagi jejak sungai, mencari titik air terjun yang lebih dahsyat. Ternyata, tidak ada air terjun yang lebih tinggi dari itu. Ada beberapa titik lagi, namun tidak setinggi yang ditemukan di awal tadi.
Menurut warga sekitar, air terjun Raja hanya begitu saja. Tidak setinggi yang seperti air terjun lainnya. “Kalau mau liat yang lebih tinggi itu harus berjalan lagi, tapi jauh sekali. Ada air terjun yang lebih tinggi disana. Kita disini juga jarang kesana karena terlalu jauh,” tutur Hams, seorang warga yang ditemui dilokasi itu.
Meski begitu, air terjun raja ternyata memiliki estitika tersendiri. Lokasi wisata yang satu ini ternyata punya karakter lain. Bukan air terjunnya yang menjadi incaran warga. Melainkan keindahan alamnya yang tidak bisa dipungkiri pesonanya.
Sebut saja pada titik air terjunya, terdapat sebuah kolam berdiamater kurang lebih 6 meter dengan kedalaman kurang lebih 3 meter. Cocok buat pelancong yang hobi bermandi-mandi. Kolam alami ini juga memberikan kemudahan bagi rekreasi keluarga. Bisa digunakan oleh anak kecil hingga orang dewasa sekalipun. Ada bagian yang bisa digunakan anak-anak. Ada pula bagian yang cukup bagi orang dewasa untuk berenang ria.
Kolam yang menjadi muara air terjun ‘pendek’ itu pun nyaman buat bermandi-mandi. Airnya dingin dan segar, bersih pula. Airnya pun tidak pernah henti mengalir.
Dibagian lain, terdapat hamparan bebatuan yang unik. Diatas batu-batu itu, mengalirlah air sungai dengan irama yang yang syahdu. Rindangnya pepohonan, memberikan nuansa hijau. Sangat asri dipandang mata. Hiruk pikuk desiran sungai juga menambah eksotik lokasi wisata. Sangat cocok bagi pelancong yang ingin melepaskan beban kerja diakhir pekan.
Karena itu, bagi anda yang ingin mengabiskan weekend dengan penuh bebab pikiran. Jangan lupa berkunjung ke air terjun Raja. Air terjun dengan hamparan batu yang eksotik. (*)
 



Aneka Lainnya
Mengenal  Bangkai Tank Amphibi di Morotai
Senin, 02 Juni 2014 03:23 WIB
Mengenal Bangkai Tank Amphibi di Morotai
Dua buah bangkai Tank Amphibi di dalam Kota Daruba Morotai, merupakan salah satu bukti nyata Morotai sebagai lokasi sejarah perang Dunia II. Yuk, kita tengok bangkai tank Amphibi yang sekarang menjadi objek wisata itu.
Melihat Keindahan Pantai Gorua
Kamis, 29 Mei 2014 17:44 WIB
Melihat Keindahan Pantai Gorua
Desa Gorua Kecamatan Morotai Utara dikenal sebagai desa yang damai. Selain dikenal dengan keramahan warganya, desa ini meiliki potensi wisata religi. Terdapat sejumlah kuburan tua yang dikenal masyarakat setempat sebagai tempat sakral





Anda dapat memberikan komentar tentang Yuk, Berkunjung ke Air Terjun Raja Pulau Morotai dengan menggunakan form dibawah ini .





 Notifikasi via email jika ada yang komentar
Masukan tulisan disamping



Photo Harian
Minggu, 10 Agustus 2014 01:19 WIB
Sejauh Mata Memandang, Keindahan Yang Tampak

Morotai Dikenal banyak memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah air terjun Raja. Terletak di desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat. Potensi wisata yang satu ini punya keunikan tersendiri. Seperti apa pesona alam di Air Terjun Raja? Yuk, ikuti perjalan wisata Morotai Post.