KEK Morotai
Kado Perpisahan SBY Buat Kabupaten Pulau Morotai
Kado Perpisahan SBY Buat Kabupaten Pulau Morotai

Oleh admin | Selasa, 28 Oktober 2014 19:57 WIB | 77.536 Views

Dalam rangka mempercepat pembangunan perekonomian di wilayah Provinsi Maluku Utara dan untuk menunjang percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi nasional telah ditetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2014 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Morotai, dan dalam rangka penyelenggaraan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus sebagaimana Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2009 tentang Kawasan Ekonomi Khusus, maka dibentuklah Dewan Kawasan Kawasan Ekonomi Khusus Provinsi Maluku Utara, untuk Kawasan Ekonomi Khusus Morotai yang usulannya telah disampaikan oleh Gubernur Maluku Urata pada tanggal 25 Agustus 2014, dan pembahasan Rancangan Kepres tentang Dewan Kawasan telah dibahas pada tanggal 1 september 2014 yang selanjutnya telah disampaikan kepada Sekretariat Kabinet. Demikian disampaikan Ujang Bagindo (Kabid Litbang Bappeda) ketika diwawancarai.

selanjutnya kata Ujang bahwa pada hari senin 27 Oktober, Sekretariat Kabinet telah menyampaikan melalui Dewan Nasiopnal KEK Kado Perpisahan SBY berupa Keputusan Presiden Tentang Dewan Kawasan Kawasan Ekonomi Khusus Morotai  Provinsi Maluku Utara Nomor 44 Tahun 2014 Tanggal 17 Oktober 2014  tertanda  DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono. Lanjut Ujang bahwa dalam Kepres tersebut, komposisi keanggotaan Dewan Kawasan terdiri dari:

  1. Ketua merangkap Anggota : Gubernur Maluku Utara;
  2. Wakil Ketua merangkap Anggota : Bupati Pulau Morotai;
  3. Anggota : Kepala  Kantor  Wilayah  Direktorat Jenderal  Bea  dan  Cukai  Maluku, Papua, dan Papua Barat;
  4. Anggota : Kepala  Kantor  Wilayah  Badan Pertanahan  Nasional  Provinsi Maluku Utara;
  5. Anggota : Kepala  Kantor  Wilayah Kementerian  Hukum  dan  Hak Asasi  Manusia  Provinsi  Maluku Utara;
  6. Anggota : Sekretaris  Daerah  Provinsi Maluku Utara;
  7. Anggota : Kepala  Dinas  Kebudayaan  dan Pariwisata  Provinsi  Maluku Utara;
  8. Anggota : Kepala  Badan  Koordinasi Penanaman  Modal  Provinsi Maluku Utara;
  9. Anggota : Kepala Badan Perencanaan Pembangunan  Daerah Kabupaten Pulau Morotai;
  10. Anggota : Kepala  Dinas  Pariwisata  dan Kebudayaan  Kabupaten  Pulau Morotai;
  11. Anggota : Kepala  Dinas  Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro,  Kecil,  dan  Menengah Kabupaten Pulau Morotai
 
Dengan ditetapkannya Kepres Nomor 44 Tahun 2014 tersebut, maka Gubernur selaku Ketua Dewan Kawasan Kawasan Ekonomi Khusus Morotai perlu menetapkan Keputusan Gubernur tentang Sekretariat Dewan Kawasan yang dilekatkan pada salah satu SKPD Provinsi. Selanjutnya Bupati Pulau Morotai juga setelah menetapkan PT. Jababeka Morotai sebagai Badan Usaha Pembangun dan Pengelola KEK, telah mengajukan Rancangan Peraturan Daerah tentang pembentukan Kantor Pelayanan  Perijinan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal yang nantinya akan ditetapkan sebagai Administrator Kawasan Ekonomi Khusus.
Ujang juga menambahkan bahwa kiranya pada periode kepemimpinan Kabinet Kerja Jokowi-JK dapat mendorong secara maksimal percepatan pembangunan Kabupaten Pulau Morotai sebagai pelaksana Kawasan Ekonomi Khusus.



Download Lampiran






Berikan Komentar Via Facebook

KEK Morotai Lainnya
BUPATI PULAU MOROTAI MENETAPKAN PT.JABABEKA MOROTAI SEBAGAI BADAN USAHA PEMBANGUN DAN PENGELOLA KEK MOROTAI
Minggu, 28 September 2014 03:28 WIB
BUPATI PULAU MOROTAI MENETAPKAN PT.JABABEKA MOROTAI SEBAGAI BADAN USAHA PEMBANGUN DAN PENGELOLA KEK MOROTAI
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 100 Tahun 2012 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus, paling lambat 90 hari sejak di undangklanya Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2014 tanggal 1 juli 2014 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Morotai, Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai harus menetapkan Badan Usaha sebagai pembangun dan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Pulau Morotai dengan Keputusan Bupati, dan keputusan Bupati tersebut telah di tandatangani sejak tanggal 18 September 2014 kemarin dengan nomor: 538.3/191/PM/2014 tentang Penetapan PT. Jababeka Morotai Sebagai Badan Usaha Pembangunan Dan Peneglola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai Di Kabupaten Pulau Morotai,


Photo Harian
Minggu, 10 Agustus 2014 01:19 WIB
Sejauh Mata Memandang, Keindahan Yang Tampak

Morotai Dikenal banyak memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah air terjun Raja. Terletak di desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat.

Aneka Morotai
Minggu, 02 November 2014 14:47 WIB
Yuk, Berkunjung ke Air Terjun Raja Pulau Morotai

Morotai Dikenal banyak memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah air terjun Raja. Terletak di desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat.