KEK Morotai
BUPATI PULAU MOROTAI MENETAPKAN PT.JABABEKA MOROTAI SEBAGAI BADAN USAHA PEMBANGUN DAN PENGELOLA KEK MOROTAI
BUPATI PULAU MOROTAI MENETAPKAN PT.JABABEKA MOROTAI SEBAGAI BADAN USAHA PEMBANGUN DAN PENGELOLA KEK MOROTAI

Oleh admin | Minggu, 28 September 2014 03:28 WIB | 7.232 Views

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 100 Tahun 2012 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus, paling lambat 90 hari sejak di undangklanya Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2014 tanggal 1 juli 2014 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Morotai, Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai harus menetapkan Badan Usaha sebagai pembangun dan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Pulau Morotai dengan Keputusan Bupati, dan keputusan Bupati tersebut telah di tandatangani sejak tanggal 18 September 2014 kemarin dengan  nomor: 538.3/191/PM/2014 tentang  Penetapan PT. Jababeka Morotai Sebagai Badan Usaha Pembangunan Dan Peneglola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai Di Kabupaten Pulau Morotai, demikian penjelasan Ujang Bagindo ketika Wawancarai.


Ujang juga menjelaskan bahwa sebagaimana kesepakatan bersama antara pemerintah pusat pemerintah daerah provinsi dan kabupaten tentang penetapan Rencana Aksi Kawasan Ekonomi Khusus Morotai yang merupakan dokumen pendukung setelah terbitnya Peraturan Pemerintah No 50 2014 tersebut. Dalam rencana aksi tersebut membagi 8 tahapan yaitu: pembentukan kelembagaan KEK, penetapan badan usaha KEK, pembebasan lahan KEK, pembangunan infrastruktur dan fasilitas penunjang di dalam KEK, pembangunan infrastruktur dan fasilitas penunjang di luar KEK, regulasi tentang insentif dan kemudahan KEK, dan evaluasi, yang secara kumulatif direncanakan KEK siap beroperasi pada akhir tahun 2016.

Oleh karna banyaknya tahapan persiapan tentu harus dilakukan secara baik dan bertahap dengan perencanaan yang baik pula, karena tanpa direncanakan dengan baik sama saja kita merencanakan kegagalan. Namun kata ujang bahwa terkait pembentukan kelembagaan KEK, saat ini tinggal menunggu penetapan Kepres tentang Dewan Kawasan KEK yang saat ini sudah berada di Kemensetneg bersamaan dengan dua KEK lainnya, yaitu KEK Mandalika NTT dan KEK Tanjung Siapiapi SUMSEL. Sementara itu terkait kesiapan lain yang berkaitan dengan kelembagaan KEK yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah adalah pembentukan administrator KEK Morotai, dimana administrator ini akan diintegrasikan di bidang Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinana Terpadu Satu Pintu. Terkait kelembagaan PTSP dan Penanaman Modal ini, sementara dala penggodok draft perdanya karena dibentuk sebagai Organisasi Perangkat Daerah Eselon IIIa. Demikian tutur Ujang Bagindo, S.Pd.I Kabid Litbang Bappeda Morotai
 



Download Lampiran






Berikan Komentar Via Facebook

KEK Morotai Lainnya


Photo Harian
Minggu, 10 Agustus 2014 01:19 WIB
Sejauh Mata Memandang, Keindahan Yang Tampak

Morotai Dikenal banyak memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah air terjun Raja. Terletak di desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat.

Aneka Morotai
Minggu, 02 November 2014 14:47 WIB
Yuk, Berkunjung ke Air Terjun Raja Pulau Morotai

Morotai Dikenal banyak memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah air terjun Raja. Terletak di desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat.