Morotai Selatan Barat
Melirik Pemanfaatan Program SDSM di Usbar Pantai
Melirik Pemanfaatan Program SDSM di Usbar Pantai

Selasa, 10 Juni 2014 15:35 WIB | 1.797 Views

Mendung yang menyelimuti Senin (9/6) pagi di desa Usbar Pantai memberikan suasana dingin yang menusuk. Suasana ini sedikitpun tidak mengikis semangat warga desa yang hendak bergotong royong. Lantunan musik qasidah pada pagi itu seakan menjadikan embun sebagai penghangat bagi setiap warga disana.

Tak mengenal usia, baik tua maupun muda bahkan anak-anak dan kaum ibu-ibu pun nampak semangat menyambut hari yang kelak menjadi sejarah bagi mereka. Ya, sesaat lagi ada bhakti untuk membangun mesjid. Gotong royong kali ini dalam rangka Peletakan batu pertama Mesjid Kanzul Arshy desa usbar Pantai Kecamatan Morotai Selatan Barat.

Kaum lelaki nampak sibuk menyiapkan perlengkapan kerja. Para ibu-ibu pun lebih sibuk mengambil bagian untuk urusan konsumsi. Maklum saja, gotong royong warga desa Usbar Pantai kali ini ternyata melibatkan desa-desa tetangga seperti desa Tiley Kusu dan desa Usbar Dalam. Seperti umumnya tradisi di bumi Moloku Kie Raha, warga saling bahu membahu bila membangun mesjid.

Masih dalam suasana sibuk menyiapkan diri, satu persatu warga desa tetangga mulai berdatangan. Suasana pun makin ramai pada pagi itu. Kurang lebih 200an orang bergumul disebuah lokasi yang telah dipasang boplang. Semuanya siap angkat tanggan, tinggal menunggu perintah.

“Kita masih tunggu imam dari Tiley,” ungkap Thaib Asar, tokoh masyarakt setempat. Tak lama kemudian, orang yang ditunggu tiba di lokasi. Kegiatan gotong royong pun mulai dihelat.

Ratusan warga yang mengerumuni lokasi mesjid itu nampak bersemangat saat lantunan adzan mengawali pekerjaan peletakan batu pertama mejid Kanzul Arshy. Lantunan adzan itu juga seolah membakar semangat para warga. Masing-masing sudah siap ditempat, termasuk perlengkapan seperti campuran semen pun sudah siap. Tinggal menunggu perintah.

Suasana makin terharu saat H Ahmad Sibua, tokoh agama dari Usbar Dalam melantunkan kalimat-kalimat doa pertanda dimulainya peletakan batu pertama. 4 orang yang ditunjuk panitia sudah siap ditiap sudut pondasi yang masih terpasang boplang. Sementara sang pembaca doa itu mengambil posisi ditengah pondasi yang selanjutnya sebagai mihrab.

Mereka yang mengambil bagian di 4 titik sudut pondasi itu diantaranya Iman Usbar Pantai Akil Sulepe, Imam Tiley Kusu Amin Juleng, Tokoh agama Usbar Pantai Bungtomo Sula dan Sekdes Usbar Pantai yang juga Ketua Panitia Pembangunan Masjid Kanzul Arsy, Sahjid Ibrahim.

Usai pembacaan doa, keempat orang ini lalu meletakan batu pertama pembangunan mesjid secara bersamaan. Disusul kerumunan warga yang telah siap dari tadi. Pondasi mesjid berukuran 14x14 m² itu hanya dikerjakan dalam kurun waktu 1,5 jam. Maklum saja, semangat ratusan orang itu seolah tak puas bekerja karena sudah selesai. Mereka pun lalu mencicipi makan siang bersama setelah pekerjaan selesai. Nampak sekali kebersamaan antar warga dalam kegiatan ini.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Kanzul Arsy, Sahjid Ibrahim mengatakan pembangunan mesjid tersebut dibiayai melalui program Satu Desa Satu Miliar (SDSM). Maklum saja, program SDSM yang digagas Bupati Pulau Morotai Rusli Sibua, salah satunya untuk pembiayaan sarana ibadah. Desa Usbar Pantai sendiri memanfaatkanya untuk pembangunan masjid baru.

“Sudah bertahun-tahun lamanya desa kami hanya memiliki sebuah musholah yang seadanya. Kami ingin sekali membangun mesjid yang baru tapi terkendala masalah dana. Alhamdulillah, melalui program Satu Desa Satu Miliar ini kami bisa memanfaatkannya untuk membangun mesjid baru,” ungkap Sahjid Ibrahim.

Alokasi anggaran untuk pembangunan mesjid memang tidak seberapa. Karena dana sebesar Rp 1 miliar masih dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur maupun suprastruktur lainnya. Karena itu, desa Usbar Pantai sangat berharap program Satu Desa Satu Miliar tetap dilanjutkan sebagai program berkelanjutan oleh Pemkab Pulau Morotai. (*)





Berikan Komentar Via Facebook

Morotai Selatan Barat Lainnya
Desa Usbar Pantai Mulai Benahi Desa
Senin, 02 Juni 2014 02:22 WIB
Desa Usbar Pantai Mulai Benahi Desa
Program Satu Desa Satu Miliar (SDSM) oleh Bupati Pulau Morotai Rusli Sibua, benar-benar dimanfaatkan warga. Terbukti, pasca direalisasikannya dana SDSM tahap pertama, warga desa berlomba membangun desanya.


Photo Harian
Minggu, 10 Agustus 2014 01:19 WIB
Sejauh Mata Memandang, Keindahan Yang Tampak

Morotai Dikenal banyak memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah air terjun Raja. Terletak di desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat.

Aneka Morotai
Minggu, 02 November 2014 14:47 WIB
Yuk, Berkunjung ke Air Terjun Raja Pulau Morotai

Morotai Dikenal banyak memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah air terjun Raja. Terletak di desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat.