Morotai Selatan
Ada Universitas Pasifik di Morotai
Ada Universitas Pasifik di Morotai

Selasa, 02 Oktober 2012 22:18 WIB | 2.079 Views

Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara resmi mendirikan sebuah perguruan tinggi di Morotai. Perguruan tinggi itu dinamakan Universitas Pasifik. Mulai hari Senin (30/7/2012) ini, Universitas Pasifik membuka penerimaan mahasiswa baru.

Dengan berdirinya universitas ini, Morotai yang merupakan daerah otonom baru sejak tahun 2008 lalu, sudah memiliki dua buah universitas, yakni Universitas Muhammadiyah dan Universitas Pasifik.

Universitas Pasifik didirikan Pemkab Pulau Morotai melalui sebuah yayasan, yaitu Yayasan Pasifik yang diketuai langsung Sekertaris Daerah Pulau Morotai, Bapak Mochdar S Arif. Untuk operasionalnya, dibiayai kolektif antara pemerintah daerah dan yayasan.

"Kini Morotai sudah punya Universitas yang namanya Universitas Pasifik. Jadi saya minta kepada para orang tua agar menguliahkan anaknya di universitas ini," kata Bapak Sekda Mochdar S Arif, Senin (30/7/2012).

Meski terbilang baru, Universitas Pasifik sudah membuka enam fakultas, yaitu Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Kesehatan, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Dari 6 Fakultas ini, terdapat 12 program studi. Saat pertama kali membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru, para panitia langsung dibanjiri para lulusan SMA.

"Sampai siang ini sudah sekitar 40-an orang yang datang ambil formulir pendaftaran. Mereka datang langsung, karena setelah pengambilan formulir, lalu dikembalikan lagi," jelas Nurnain, salah satu petugas pendaftaran Universitas Pasifik.

Pelaksanaan pendaftaran mahasiswa baru sendiri dilakukan di Gedung SMAN 1 Morotai, karena Universitas Pasifik belum memiliki gedung rektorat.

"Gedung rektoratnya sementara lagi dibangun. Kita berharap pihak rekanan dapat mempercepat pembangunannya agar dalam beberapa bulan ini langsung digunakan," kata Bapak Sekda Mochdar S Arif.

Sementara itu, untuk perkuliahan, Pemkab Morotai dan Yayasan PAsifik masih akan menggunakan sejumlah gedung sekolah, di antaranya SMAN 1, SMA Muhammadiyah, dan MA Gotalamo.

Bupati Pulau Morotai Rusli Sibua mengatakan, Universitas Pasifik telah melakukan kerja sama dengan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, berupa pertukaran dosen dan pemakaian alat praktik.

"Target kita kedepan, Univesitas Pasifik tidak hanya menjadi tempat kuliah bagi orang orang Morotai. Tapi juga bagi orang-orang Jepang dan Hongkong pun bisa kuliah di Unpas karena jarak tempuh ke Morotai hanya memakan waktu 3 jam," harap Bapak Bupati Rusli Sibua.

Rektor Universitas Khairun Ternate Gufran Ali Ibrahim menargetkan, Universitas Pasifik akan menjadi universitas negeri dalam jangka waktu 5 tahun ke depan. Pihaknya bersedia membantu yayasan Pasifik untuk mendirikan dan mengelola Universitas Pasifik.

"Ada upaya dari Pemerintah pusat untuk memajukan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan. Morotai ada dalam tiga bingkai ini, Sehingga dalam waktu 5 tahun kedepan saya optimis Universitas Pasifik sudah bisa dinegerikan," kata Bapak Gufran.

Sumber : http://nasional.kompas.com





Berikan Komentar Via Facebook

Morotai Selatan Lainnya
Presiden Janji Kembali Lagi ke Morotai
Selasa, 02 Oktober 2012 22:03 WIB
Presiden Janji Kembali Lagi ke Morotai
Setelah berkunjung ke Morotai, Maluku Utara dalam rangka membuka Sail Morotai, 15 September 2012, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ternyata masih berkeinginan untuk kembali mengunjungi Pulau Morotai tahun depan.
Bakar Lobster Di Sail Morotai Pecahkan Rekor MURI
Sabtu, 29 September 2012 00:02 WIB
Bakar Lobster Di Sail Morotai Pecahkan Rekor MURI
MOROTAI - Pelaksanaan rangakaian acara Sail Morotai 2012 yakni bakar lobster terbanyak di Daruba Morotai, Maluku Utara memecahkan rekor Museum Republik Indonesia (MURI) dengan nomor 5.568/R.MURI/IX/2012.


Photo Harian
Minggu, 10 Agustus 2014 01:19 WIB
Sejauh Mata Memandang, Keindahan Yang Tampak

Morotai Dikenal banyak memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah air terjun Raja. Terletak di desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat.

Aneka Morotai
Minggu, 02 November 2014 14:47 WIB
Yuk, Berkunjung ke Air Terjun Raja Pulau Morotai

Morotai Dikenal banyak memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah air terjun Raja. Terletak di desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat.