Pemda
PELANTIKAN BUNDA PAUD KABUPATEN PULAU MOROTAI, ERA DISRUPSI, DAN TANTANGAN GENERASI ALFA

Oleh Kepala Bagian Humas, Hi. Abdul Karim | Rabu, 16 Januari 2019 15:43 WIB | 163 Views
PELANTIKAN BUNDA PAUD KABUPATEN PULAU MOROTAI, ERA DISRUPSI, DAN TANTANGAN GENERASI ALFA

Ketua Tim Penggerak PKK, Sherly Tjoanda Laos dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Morotai periode 2017-2021 di Aula Kantor Bupati Pulau Morotai (15/12/2018).
Pengukuhan dilakukan langsung oleh Bunda PAUD Provinsi Malukun Utara, Hj. Faoniah Hi. Djaohar Hi Abdul Gani Kasuba. Ibu Gubernur bersama rombongan pengurus wilayah himpunan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini (HIMPAUDI) Provinsi Maluku Utara juga melantik Pengurus Daerah Himpaudi Kabaupaten Pulau Morotai. Bersamaan dengan itu, Bunda PAUD Morotai mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan se Kabupaten Pulau Morotai.
Di tengah seremoni yang dihari oleh Wakil Bupati Pulau Morotai, Bapak Asrun Padoma, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Organisasi perempuan se Morotai, serta para pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini,  Hj Faoniah mengungkapkan “Anak usia dini adalah fondasi bangsa”. Sehingga pendidikan mereka merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah, keluarga, Bunda PAUD Provinsi, Kabupaten, hingga Bunda PAUD Kecamatan. Tanggung jawab ini memiliki implikasi logis terhadap harapan dukungan prasaranan oleh pemerintah daerah kabupeten Pulau Morotai.
Bunda Paud Morotai yang baru dilantik mengambil peran penting dalam tanggung jawab dimaksud. Istri orang nomor satu di Morotai menyampaikan “Selama mendampingi kepemimpinan Bupati di Morotai, kami banyak memberi perhatian pada persoalan pendidikan dan kesehatan. Dengan memanfaatkan sinergi dan koordinasi lintas sektor, perhatian itu terwujud ke dalam ragam bentuk kegiatan. Baru-baru ini kami mengkampanyekan “gemar makan ikan”. Bukan berarti mengajari cara memakan ikan. Tapi mengedukasi agar masyarakat memahami manfaat makan ikan untuk kesehatan”.
Terkait dukunganmateril, Ibu Bupati Pulau Morotai mengungkap rencana program dan kegiatan PAUD tahun 2019. Bahwa pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini di Kabupaten Pulau Morotai, akan mendapat insentif. Disamping itu, juga akan diadakan penambahan sarana bermain, juga prasarana gedung PAUD.

Wakil Bupati Pulau Morotai menyambut gembira pelantikan Bunda PAUD Morotai. Dalam sambutannya, Wakil Bupati menjelaskan “Saat ini di Kabupaten Pulau Morotai telah berdiri 69 lembaga pendidikan anak usia dini. Dengan total pendidik dan tenaga kependidikan sejumlah 308 orang. Dari total lembaga yang ada, sebanyak 39% berada di Kecamatan Morotai Selatan. 20% di Kecamatan Morselbar, 16 % di Morotai Utara, 15% di Kecamatan Morotai Jaya, dan 10% di Morotai Timur. Masih terjadi konsentrasi di satu titik”.
Namun fakta itu sejalan dengan perbandingan rasio anak usia 0-7 tahun di masing-masing Kecamatan. Menurut Asrun, “Yang menjadi persoalan, kita belum memiliki lembaga pendidikan anak usia dini di setiap Desa. Sebagaimana yang kita ketahui, Morotai memiliki 88 Desa yang tersebar di Lima Kecamatan. Artinya, PAUD belum menjangkau seluruh desa.Oleh sebab itu, kedepan kita akan mengupayakan, minimal berdiri satu PAUD di setiap Desa”.
Di kesempatan yang sama, Asrun juga mengapresi kegiatan Bunda PAUD, dan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini. Yang telah jauh-jauh hari memulai aktivitas mulia, memberi edukasi meski di tengah keterbatasan. Ia juga berharap, pola asuh, mapun pola pengajaran di satuan pendidikan anak usia dini, bisa dimodernisasi, beradaptasi mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebab menurutnya “Di era disrupsi dan revolusi industri 4,0 ini, kita dituntut menyesuaikan pola mendidikan ala milenial. Sebab, dari 2.756 peserta didik anak usia dini adalah generasi Alfa. Yang merupakan kelanjutan dari generasi Y dan Z. Perilaku mereka akan banyak dipengaruhi oleh konten-konten gawai. Sehingga, di hadapan undangan yang didominasi pendidik PAUD, Asrun berharap, untuk menuntun perilaku anak-anak itu ke arah yang positif. Kepala Bagian Humas dalam Rilis Berita Agenda pemda



Download Lampiran




Pemda Lainnya
Pengumuman Kelulusan K2 Kabupaten Pulau Morotai
Sabtu, 22 Februari 2014 14:08 WIB
Pengumuman Kelulusan K2 Kabupaten Pulau Morotai
Jakarta-Humas BKN, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS kembali mengumumkan kelulusan tenaga honorer Kategori 2 (K.II) di wilayah timur Indonesia. Hari ini, Jumat (21/2/2014)
PNS Wajib Memiliki Alamat Email Go.Id
Jum'at, 19 Juli 2013 08:30 WIB
PNS Wajib Memiliki Alamat Email Go.Id
Surat Edaran Menpan & RB Nomor 06 Tahun 2013 tertanggal 27 Mei 2013 tentang Penggunaan Alamat email Resmi Pemerintah pada Instansi Pemerintah
Larangan Fotokopi e-KTP, Mendagri Nilai Ada Salah Paham
Kamis, 09 Mei 2013 17:56 WIB
Larangan Fotokopi e-KTP, Mendagri Nilai Ada Salah Paham
JAKARTA, - Kehebohan terkait e-KTP tak boleh difotokopi beberapa waktu terakhir, ditanggapi Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Ia mengatakan, ada kesalahan pemahaman tentang surat edaran itu.
PROGRAM BUMN PEDULI SAIL MOROTAI 2012-2013 RESMI DITUTUP
Kamis, 09 Mei 2013 17:44 WIB
PROGRAM BUMN PEDULI SAIL MOROTAI 2012-2013 RESMI DITUTUP
Morotai Selatan, Rabu 8 Mei 2013. Staf Ahli Menteri Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Bidang Sumberdaya Manusia dan Tekhnologi .A. Pandu Djajanto, menutup rangkaian Program BUMN Peduli Sail Morotai 2012





Anda dapat memberikan komentar tentang PELANTIKAN BUNDA PAUD KABUPATEN PULAU MOROTAI, ERA DISRUPSI, DAN TANTANGAN GENERASI ALFA dengan menggunakan form dibawah ini .





 Notifikasi via email jika ada yang komentar
Masukan tulisan disamping



Photo Harian
Minggu, 10 Agustus 2014 01:19 WIB
Sejauh Mata Memandang, Keindahan Yang Tampak

Morotai Dikenal banyak memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah air terjun Raja. Terletak di desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat. Potensi wisata yang satu ini punya keunikan tersendiri. Seperti apa pesona alam di Air Terjun Raja? Yuk, ikuti perjalan wisata Morotai Post.

Aneka Morotai
Minggu, 02 November 2014 14:47 WIB
Yuk, Berkunjung ke Air Terjun Raja Pulau Morotai

Morotai Dikenal banyak memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah air terjun Raja. Terletak di desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat. Potensi wisata yang satu ini punya keunikan tersendiri. Seperti apa pesona alam di Air Terjun Raja? Yuk, ikuti perjalan wisata Morotai Post.