Pemda
RANCANGAN APBD  KAB. PULAU MOROTAI  2018 DI SETUJUI DPRD
RANCANGAN APBD KAB. PULAU MOROTAI 2018 DI SETUJUI DPRD

Oleh HUMAS | Minggu, 24 Desember 2017 14:00 WIB | 1.329 Views

Morotai Selatan. DPRD  Kab. Pulau Morotai, melalui pandangan akhir fraksi-fraksinya menyatakan menyetujui disahkannnya Rancangan Peraturan Daerah Tentang APBD Kab. Pulau Morotai Tahun Anggaran 2018 menjadi peraturan daerah. Hal itu sampaikan dan ditetapkan pada Sidang Paripurna melalui pembacaan Surat Keputusan DPRD yang dibacakan oleh Sekretaris DPRD Kab. Pulau Morotai Alex Wermasubun. Minggu 24/12/2017

 

(Foto. Penyampaian Pandangan Akhir Fraksi Golongan Karya)

Rancangan Nota Keuangan APBD Kab. Pulau Morotai yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah kepada DPRD dalam Rapat Paripurna tanggal 16 Desember 2017 lalu telah dibahas dan dikaji secara teliti berdasarkan Tata Tertib DPRD baik secara Internal Dewan, bersama Mitra Kerja pada jajaran Pimpinan SKPD, maupun bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kab. Pulau Morotai.
dan telah mendapat kesepakatan  bersama untuk memasuki pembicaraan tingkat keempat yakni Pengambilan Keputusan Politik DPRD terhadap Pengesahan Ranperda tersebut menjadi Peraturan Daerah Kab. Pulau Morotai,
 
Adapun postur APBD tersebut adalah Pendapatan Daerah sebesar Rp.666,910,147,967 (Enam Ratus Enam Puluh Enam Miliar, Sembilan Ratus Sepuluh Juta, Seratus Empat Puluh Tujuh Ribu, Sembilan Ratus Enam Puluh Tujuh Rupiah) dan Belanja Daerah sebesar Rp.674,557,819,663 (Enam Ratus Tujuh Puluh Empat Miliar, Lima Ratus Lima Puluh Tujuh Juta, Delapan Ratus Sembilan Belas Ribu, Enam Ratus Enam Puluh TIga Rupiah).
 
Ada beberapa hal penting yang di sampaikan Bupati Pulau Morotai  terkait dengan APBD tahun anggaran 2018, tentang pendapatan daerah, bahwa setelah  mencermati perkembangan dan capaian  pendapatan daerah selama ini, termasuk proyeksi pendapatan yang di rancang tahun anggaran 2018, bahwa  semua tentu tahu, akan ketergantungan  pada dana perimbangan masih sangat besar.
 
Untuk tahun anggaran 2018, dana perimbangan diproyeksi  sebesar  83,97 persen, sedangkan pendapatan asli daerah baru bisa diproyeksikan sebesar  5, 30 persen, serta lain-lain pendapatan daerah yang sah  diproyeksikan sebesar 10,73 persen.
 
Kondisi ini harus menjadi cambuk bagi kita semua selaku pemerintah daerah, untuk terus  berfikir dan bertindak keras, melakukan inovasi dan kreasi, yang sesuai dengan potensi sumber daya alam,  potensi sumber daya manusia, dan potensi sumber daya  buatan, yang ada di daerah ini, termasuk penyesuaian  dengan peraturan dan perundang undangan yang berlaku, sehingga pendapatan  asli  daerah  dapat kita tingkatkan dari kondisi kita saat ini.
 

(Foto. Anggota DPRD Kabupaten Pulau Morotai)

Benny Laos (Bupati Pulau Morotai) bahwa , “Kab. Pulau Morotai memiliki potensi pajak daerah dan retribusi daerah yang cukup besar.
Sebagai daerah baru yang memiliki potensi ekonomi yang sangat strategis ini, harus bisa mengoptimalkan potensi pendapatan asli daerah, namun di sisi yang lain kita juga harus bisa menjaga agar jangan sampai upaya  peningkatan pendapat asli daerah yang kita upayakan dapat meningkatkan ekonomi biaya tinggi, sehingga dapat menghambat investasi dan kunjungan wisatawan di daerah ini.
Oleh karena itu, upaya intensifikasi dan ekstensifikasi  sumber pendapatan pajak dan retribusi daerah, harus menjadi fokus pemerintah daerah, apakah upaya revisi perda yang tidak lagi relevan, atau mungkin perlu ada  perbaikan mekanisme  dan  prosedur pelaksanaan   perda yang sudah ada, yang belum optimal diterapkan.  Karena menurut pencermatan saya, pengelolaan potensi PAD di daerah ini belum efektif pengelolaannya.





Berikan Komentar Via Facebook

Pemda Lainnya
BUPATI PULAU MOROTAI RESMIKAN POLA OPERASI LISTRIK 12 JAM KE 24 JAM DI GERBANG PERBATASAN
Jum'at, 22 Desember 2017 18:22 WIB
BUPATI PULAU MOROTAI RESMIKAN POLA OPERASI LISTRIK 12 JAM KE 24 JAM DI GERBANG PERBATASAN
Listrik merupakan sumber energi yang sangat penting bagi kebutuhkan masyarakat untuk kegiatan industri maupun kehidupan rumah tangga sehari-hari. Selain itu energi listrik juga merupakan sumber penerangan dan juga merupakan sebagai penggerak ekonomi disuatu wilayah,
BUPATI PULAU MOROTAI MENYERAHKAN KARTU PELAYANAN KESEHATAN GRATIS
Jum'at, 22 Desember 2017 12:42 WIB
BUPATI PULAU MOROTAI MENYERAHKAN KARTU PELAYANAN KESEHATAN GRATIS
Benny menyampaikan bahwa program jaminan kesehatan daerah (JAMKESDA) dalam pembiayaan APBD Tahun 2017 telah diintegrasikan dengan program jaminan kesehatan nasional (JKN) Yang diselenggarakan Melalui BPJS Kesehatan, dan ini merupakan suatu wujud komitmen dari pemerintah daerah kabupaten pulau morotai, untuk membantu seluruh masyarakat dalam hal pembiayaan dibidang pelayanan kesehatan sebagaimana janji kampanye kepada masyarakat kabupaten pulau morotai dan Kartu JKN-KIS ini dapat digunakan dimana saja pada wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pengumuman Kelulusan K2 Kabupaten Pulau Morotai
Sabtu, 22 Februari 2014 14:08 WIB
Pengumuman Kelulusan K2 Kabupaten Pulau Morotai
Jakarta-Humas BKN, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS kembali mengumumkan kelulusan tenaga honorer Kategori 2 (K.II) di wilayah timur Indonesia. Hari ini, Jumat (21/2/2014)
PNS Wajib Memiliki Alamat Email Go.Id
Jum'at, 19 Juli 2013 08:30 WIB
PNS Wajib Memiliki Alamat Email Go.Id
Surat Edaran Menpan & RB Nomor 06 Tahun 2013 tertanggal 27 Mei 2013 tentang Penggunaan Alamat email Resmi Pemerintah pada Instansi Pemerintah


Photo Harian
Minggu, 10 Agustus 2014 01:19 WIB
Sejauh Mata Memandang, Keindahan Yang Tampak

Morotai Dikenal banyak memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah air terjun Raja. Terletak di desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat.

Aneka Morotai
Minggu, 02 November 2014 14:47 WIB
Yuk, Berkunjung ke Air Terjun Raja Pulau Morotai

Morotai Dikenal banyak memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah air terjun Raja. Terletak di desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat.