Pemda
Mabes TNI AU , Pertegas Status Tanah di Pulau Morotai

Selasa, 12 Maret 2013 23:05 WIB | 1.006 Views
Mabes TNI AU , Pertegas Status Tanah di Pulau Morotai

Morotai - Rombongan TNI AU yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Fasilitas dan Konstruksi (Kadisfaskon) Marsekal Pertama (Marsma) Mukhtar Lutfi, mengatakan jika kedatangan mereka untuk bersilaturahmi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai.

Sselain itu , rombongan juga melakukan rakor terkait dengan sinergikan Rencana Tata Ruang Wilayah pertahanan TNI AU dan RTRW Pemda Pulau Morotai.

"kedatangan kami untuk melihat pembangunan Kabupaten Pulau Morotai, dan juga persiapan untuk pembangunan Radar untuk memantau negara tetangga," ujar Mukhtar.

Dalam pertemuan di lantai dua Kantor Bupati, Bupati Pulau Morotai Drs, Rusli Sibua M,si, menjelaskan jika masyarakat lebih tahu akan status tanah itu adalah milik masyarakat, dengan alasan jika tanah sebelum dikuasai oleh Tentara Sekutu pada Perang dunia ke II sudah dikelola oleh masyarakat untuk perkebunan, dan usai pasukan sekutu bertolak dari Pulau Morotai ke Philipina, status tanah diserahkan kepada Kesultanan Ternate, dan diteruskan kepada masyarakat.

Mukhtar menjelaskan , jika saat ini permasalahan tanah antara warga dan TNI AU, sedang dalam pembahasan di tingkat pusat, menurut Mukhtar, saat ini TNI AU mengetahui jika lahan yang terdaftar di pusat adalah 1.125 Ha, dan itu sudah dilaporkan kepada Menteri Keuangan sebagai kepemilikan aset negara sesuai dengan status tanah yang masuk sebagai aset negara.

Namun menurutnya, sampai saat ini pihak kementerian keuangan sendiri belum memutuskan status tanah, Mukhtar juga menjelaskan jika masyarakat ingin membangun harus meminta ijin pakai dan ijin peminjaman.

Latif Hiola salah satu anggota Partai Demokrat, langsung menanggapi ketika diwawancarai, dan mengatakan jika demikian halnya, pihak TNI AU ingin membangun harus meminta ijin kepada masyarkat, karena status kepemilikan antara Masyarakat dan TNI AU masih sama dimata hukum.

Dalam kesempatan itu, Mukhtar juga menyinggung permasalahan yang baru-baru terjadi hingga mengundang demo besar-besaran ke Danlanud, Mukhtar mewakili Kepala staf TNI AU meminta maaf kepada bupati dan masyarakat Pulau Morotai.

Sumber



Pemda Lainnya
Kuota Calhaj Morotai Minim, Hanya 21 Orang.
Selasa, 02 Oktober 2012 20:58 WIB
Kuota Calhaj Morotai Minim, Hanya 21 Orang.
Kuota Calon Jamaah Haji (CJH) untuk Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara tahun ini masih dinilai terlalu sedikit.
Raih Piala MURI, Kabupaten Morotai Siap Eksport Lobster ke Berbagai Negara
Jum'at, 28 September 2012 22:59 WIB
Raih Piala MURI, Kabupaten Morotai Siap Eksport Lobster ke Berbagai Negara
Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) siap melakukan ekspor perdana lobster di berbagai negara yang telah berminat untuk membeli produk ini.
Pemkab Morotai Siapkan Transportasi Wisata
Jum'at, 28 September 2012 21:34 WIB
Pemkab Morotai Siapkan Transportasi Wisata
Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), akan menyiapkan sarana transportasi wisata, untuk memberi kemudahan kepada para para wisatawan saat mengunjungi objek wisata di daerah itu.
Sail Morotai 2012: Promosi Pariwisata dan Industri Kreatif
Sabtu, 15 September 2012 05:34 WIB
Sail Morotai 2012: Promosi Pariwisata dan Industri Kreatif
Ajang Sail Morotai 2012 di Maluku Utara menjadi nilai jual untuk bersaing dengan negara-negara lain di dalam mempromosikan keindahan alam. Hal ini akan dijadikan daya tarik pada dunia, khususnya di sektor pariwisata.




Arsil Dano Mas'ud
Arsil Dano Mas'ud
Senin, 06 Juni 2016 03:55 WIB
TNI-AU bermarkas di tengah-tengah kota daruba itu tdk pantas karna keberadaan mereka untuk menjaga perbatasan wilayah NKRI seharusnya di kecamatan morotai jaya yakni di Sopi, karna wilayh ini lah yang berbatasan langsung dengan Philipin. Jadi kesimpulannya TNI-AU harus di pindahkan ke Sopi agar lahan masyarakat yang suda di klaim oleh Pihak TNI-AU bisa di kembalikan lagi kepada masyarakat yang mempunyai kepemilikan yang sah.
"INI BUKAN JAMANNYA OTORITER."

Arsil Dano Mas'ud
Arsil Dano Mas'ud
Senin, 06 Juni 2016 04:13 WIB
Kepada Markas TNI-AU sebaiknya permasalahan lahan antara Pihak Auri untuk segera di selesaikan. Karna di anggap pihak Auri terlalu besar mengeksploitasi lahan masyarakat, takutnya ini akan menjadi bon waktu yang kapan saja masyarakat bisa mengangkat tangan untuk melawan Auri.
"Masa Otoriter suda selesai"
glucola
glucola
Kamis, 12 Januari 2017 10:29 WIB
Arena Sail Morotai 2012 di Maluku Utara jadi nilai jual untuk berkompetisi dengan negara-negara lain didalam mempromosikan keindahan alam. Hal semacam ini bakal jadikan daya tarik pada dunia, terutama di bidang pariwisata. Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata serta Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) Firmansyah Rahim menyampaikan Pulau Morotai mempunyai keindahan alam yang begitu eksotis.

Jadi pihaknya mensupport serta mendorong promosikan dan mengenalkan keindahan pulau Indonesia. " Wisata bahari dan industri kreatif yang bersumber dari kearifan lokal jadi daya tarik untuk wisatawan domestik serta internasional. Satu diantara moment wisata bahari yang di dukung oleh pemerintah yaitu Sail Indonesia di Morotai 2012, " katanya di Jakarta, beberapa waktu terakhir.

Di segi lain Pulau Morotai juga mempunyai lokasi kelautan serta pulau-pulau kecil yang punya potensi diperkembang sebagai lokasi industri maritim serta perikanan terpadu dan lokasi wisata bahari serta histori. Hal semacam itu diinginkan bisa dikelola serta dimaksimalkan untuk mendorong perekonomian daerah terlebih untuk tingkatkan kesejahteraan rakyat.

Anda dapat memberikan komentar tentang Mabes TNI AU , Pertegas Status Tanah di Pulau Morotai dengan menggunakan form dibawah ini .





 Notifikasi via email jika ada yang komentar
Masukan tulisan disamping



Photo Harian
Minggu, 10 Agustus 2014 01:19 WIB
Sejauh Mata Memandang, Keindahan Yang Tampak

Morotai Dikenal banyak memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah air terjun Raja. Terletak di desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat. Potensi wisata yang satu ini punya keunikan tersendiri. Seperti apa pesona alam di Air Terjun Raja? Yuk, ikuti perjalan wisata Morotai Post.

Aneka Morotai
Minggu, 02 November 2014 14:47 WIB
Yuk, Berkunjung ke Air Terjun Raja Pulau Morotai

Morotai Dikenal banyak memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah air terjun Raja. Terletak di desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat. Potensi wisata yang satu ini punya keunikan tersendiri. Seperti apa pesona alam di Air Terjun Raja? Yuk, ikuti perjalan wisata Morotai Post.